Jelaskan perbedaan antara peta dasar dan peta tematik! - Brainly.co.id (2024)

Perbedaan antara peta dasar dengan peta tematik.

Pengertian Peta:

Peta adalah gambaran permukaan bumi atau benda agkasa pada bidang yang datar yang telah diskalakan. Data yang disajikan dalam peta dapat menjadi sumber informasi spasial (keruangan). Peta merupakan hasil dari suatu proses pemetaan. Pemetaan merupakan proses pengukuran, perhitungan, analisis, dan penggambaran permukaan bumi. Proses-proses tersebut dilakukan menggunakan cara dan metode tertentu sehingga diperoleh gambaran baik berupa soft copy maupun hard copy.

- Jenis-Jenis Peta

A. Peta Dasar atau Rupabumi adalah peta yang menampilkan kenampakan permukaan Bumi secara umum, tanpa menonjolkan salah satu informasi. Informsi yang disajikan dalam peta rupabumi brupa kenampakan alam dan kenampakan buatan manusia. Oleh karena itu, peta rupabumi sering dijadikan dasar pembuatan peta tematik. Peta rupabumi sering disebut peta topografi. Peta topografi adalah peta yang tersusun atas garis-garis kontur. Sifat-sifat garis kontur dalam peta topografi adalah sebagai berikut.

a). Garis kontur berupa kurva tertutup dan tidak bercabang

b). Suatu garis kontur tidak pernah berpotongan dengan garis kontur lain.

c). Bentuk garis kontur renggang menunjukkan kenampakan yang landai.

d). Garis kontur yang rapat menunjukkan kenampakan tebing terjal.

e). Garis kontur yang terdapat dalam suatu peta topografi memiliki kontur sama.

2. Peta Tematik

Adalah peta yang menyajikan penggunaan ruangan pada tempat tertentu sesuai dengan tujuan tertentu pula. Dapat dikatakan bahwa peta tematik merupakan peta yang hanya menggambarkan satu tema saja, seperti peta yang dibuat khusus untuk menggambarkan kepadatan penduduk suatu negara, jenis iklim, persebaran jenis tanaman tertentu, data perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Ciri- Ciri Peta Tematik

Beberapa ciri peta tematik antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki tema khusus

Dari pengertiannya kita telah mengetahui bersama bahwa peta tematik merupakan peta yang telah dibuat berdasarkan tujuan khusus. Karena dibuat berdasarkan tema tertentu, maka peta tematik memiliki tema khusus. Peta tematik yang disajikan ini akan menampilkan wilayah Indonesia dengan keterangan yang termuat hanya sebatas persebaran batu bara di wilayah Indonesia. Selain peta persebaran batu bara, contoh tema lain adalah perubahan cuaca yang ada di Indonesia. Dengan tema ini maka peta yang disajikan adalah peta wilayah Indonesia yang dilengkapi dengan keterangan cuaca yang terjadi di setiap wilayahnya.

2. Datanya berasal dari berbagai peta yang telah di overlay

Karena peta tematik ini merupakan peta khusus, maka keterangan yang termuat di dalamnya pun lebih sedikit namun detail. Data- data yang mendetail ini berasal dari berbagai peta lain yang telah diolah kemudian disajikan ulang sehingga tampak lebih rapi dan mudah untuk dibaca dan juga dipahami.

3. Informasi yang disajikan hanya terbatas pada tema yang telah dipilih

Sebagai contoh adalah peta tematik mengenai persebaran jenis tanaman kelapa, maka yang disajikan hanyalah mengenai pohon kelapa di wilayah yang bersangkutan dan tidak menyajikan informasi mengenai pohon mangga, pohon jati dan lain sebagainya. Hal inilah yang membatasi peta tematik sehingga disebut sebagai peta khusus.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan peta dasar atau peta rupabumi dan peta tematik adalah,jika peta dasar atau peta rupabumi menampilkan kenampakan rupabumi secara umum, sedangkaan peta tematik menampilkan kenampakan di permukaan Bumi berdasarkan tema dan tujuan tertentu.

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas: 11 SMA

Mapel: Geografi

Kategori: -

Kata kunci : Perbedaan peta dasar dan peta tematik


Jelaskan perbedaan antara peta dasar dan peta tematik! - Brainly.co.id (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Maia Crooks Jr

Last Updated:

Views: 5643

Rating: 4.2 / 5 (63 voted)

Reviews: 86% of readers found this page helpful

Author information

Name: Maia Crooks Jr

Birthday: 1997-09-21

Address: 93119 Joseph Street, Peggyfurt, NC 11582

Phone: +2983088926881

Job: Principal Design Liaison

Hobby: Web surfing, Skiing, role-playing games, Sketching, Polo, Sewing, Genealogy

Introduction: My name is Maia Crooks Jr, I am a homely, joyous, shiny, successful, hilarious, thoughtful, joyous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.