Jenis-jenis peta tematik adalah sebagai berikut. (... (2024)

Jawaban terverifikasi

Halo Fajrin, kaka bantu jawab ya.Jawaban benar pada soal ini adalah C.Berikut adalah penjelasannya.Peta adalah gambaran dari permukaan bumi yang diproyeksikan pada bidang datar dengan menggunakan skala tertentu. Peta dibedakan menjadi beberapa jenis, dan salah satunya adalah peta tematik. Peta tematik adalah jenis peta yang dibuat untuk menyajikan informasi geografis tertentu pada suatu wilayah, sesuai dengan kebutuhan. Peta ini disebut dengan peta khusus. Pada poin-poin peta tematik, yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas pengembangan industri adalah sebagai berikut:- Peta persebaran penduduk;- Peta geologi; serta- Peta persebaran tambang.Jenis peta tematik tersebut, ditunjukkan pada nomor 2, 3, dan 4.Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat pada soal ini adalah C.Semoga membantu ya:).

Jenis-jenis peta tematik adalah sebagai berikut.
(... (2024)

FAQs

Apa saja jenis jenis peta? ›

Jenis peta berdasarkan skala dibagi menjadi lima, yaitu peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta skala geografis. Peta kadaster adalah jenis peta yang memiliki skala antara 1 : 100 hingga 1: 5.000. Biasanya, peta ini digunakan untuk menggambarkan luas tanah maupun sertifikat tanah.

Apa yang dimaksud dengan peta tematik? ›

Peta tematik adalah peta yang dibuat untuk menampilkan informasi mengenai suatu topik atau tema.

Apa itu pemetaan tematik? ›

Peta tematik adalah peta yang menyajikan informasi tentang suatu tema atau maksud tertentu, dalam kaitannya dengan unsur topografi yang spesifik sesuai tema peta. Detail topografi pada peta tematik diambil dari peta dasar.

Apa yang dimaksud dengan peta tematik dan berikan contoh? ›

Peta tematik atau disebut juga peta khusus adalah peta yang menggambarkan ketampakan-ketampakan tertentu di permukaan bumi. Contoh peta tematik adalah sebagai berikut. Peta persebaran Covid-19 . Peta ini menggambarkan persebaran lokasi Covid-19 di suatu wilayah.

Apakah peta geologi termasuk peta tematik? ›

Peta geologi adalah peta tematik yang memberi informasi mengenai keadaan geologi di wilayah tertentu. Peta ini ditampilkan menggunakan simbol dan warna yang menggambarkan hal tertentu.

Apa contoh dari peta khusus? ›

Adalah jenis peta yang menggambarkan suatu kenampakan yang sifatnya khusus, atau hanya melukiskan satu tema saja. Apa contoh tema peta khususnya? Misalnya; peta kepadatan penduduk, angka jenis kelamin, sebaran penduduk, dan kepadatan mana yang penduduk agraris dan mana yang tinggal di pesisir sebagai nelayan.

Sebutkan jenis jenis peta berdasarkan bentuknya dibagi menjadi berapa? ›

Jenis peta berdasarkan bentuknya digolongkan menjadi 5 kategori, yaitu peta digital, peta garis, peta foto, peta timbul, dan peta datar.

Apa contoh peta skala kecil? ›

Peta Skala Kecil, yaitu peta yang memiliki skala antara 1 : 500.000 sampai dengan 1 : 1.000.000. Contoh: Peta Provinsi di Indonesia.

Mengapa disebut peta tematik? ›

Namun bila dalam peta menampilkan satu tema contohnya persebaran objek wisata seperti gambar berikut, itu disebut dengan peta tematik.

Apa manfaat dari peta tematik? ›

Salah satu kegunaan peta tematik adalah melihat pola dan trend geografis pada data. Peta tematik akan menunjukkan titik lokasi pada permukiman penduduk pada suatu wilayah, Kids. Selain titik lokasi, kita juga bisa melihat pola permukiman di wilayah tersebut, lo.

Sebutkan apa saja yang tergolong dengan peta tematik dan jelaskan kegunaannya? ›

Peta Khusus/Tematik

Contoh dari peta tematik yaitu seperti peta persebaran Covid-19, peta objek wisata, peta persebaran penduduk, dan peta-peta lain yang menggambarkan suatu informasi khusus. Fungsi dari peta khusus/tematik yaitu untuk menggambarkan persebaran suatu fenomena secara geografis.

Apa saja contoh peta dinamis? ›

Peta dinamis merupakan peta yang menggambarkan keadaan permukaan bumi yang selalu berubah-ubah atau tidak stabil. Contoh peta dinamis, antara lain peta persebaran kepadatan penduduk atau peta jaringan jalan.

Berapa skala peta topografi? ›

Peta topografi termasuk peta umum yang memiliki skala besar yaitu skala 1:5000 hingga 1:250.000. Peta topografi menampilkan relief permukaan bumi yang digambarkan dengan garis-garis penghubung antar tempat dengan ketinggian yang sama.

Apa yang dimaksud dengan peta skala kecil? ›

Peta berskala kecil merupakan peta yang berskala lebih dari 1:500.000 sampai dengan 1:1.000.000. Biasanya peta ini digunakan untuk menggambarkan peta-peta negara.

Peta dibagi menjadi berapa? ›

Peta umum dibagi tiga, yaitu peta topografi, peta chorografi, dan peta dunia atau geografi. Peta topografi adalah jenis peta yang menggambarkan permukaan bumi lengkap dengan reliefnya.

Apa saja contoh peta khusus? ›

Adalah jenis peta yang menggambarkan suatu kenampakan yang sifatnya khusus, atau hanya melukiskan satu tema saja. Apa contoh tema peta khususnya? Misalnya; peta kepadatan penduduk, angka jenis kelamin, sebaran penduduk, dan kepadatan mana yang penduduk agraris dan mana yang tinggal di pesisir sebagai nelayan.

Apakah peta tematik dan peta khusus sama? ›

Peta khusus disebut juga dengan peta tematik, adalah peta yang memberikan sedikit informasi. tirto.id - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peta diartikan sebagai gambar atau lukisan pada kertas dan sebagainya yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan sebagainya.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Patricia Veum II

Last Updated:

Views: 5708

Rating: 4.3 / 5 (64 voted)

Reviews: 95% of readers found this page helpful

Author information

Name: Patricia Veum II

Birthday: 1994-12-16

Address: 2064 Little Summit, Goldieton, MS 97651-0862

Phone: +6873952696715

Job: Principal Officer

Hobby: Rafting, Cabaret, Candle making, Jigsaw puzzles, Inline skating, Magic, Graffiti

Introduction: My name is Patricia Veum II, I am a vast, combative, smiling, famous, inexpensive, zealous, sparkling person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.